22 April 2009

Eman

Labels:

"25000! Lengkap sama selopnya!"
"Bisa kurang dikit mbak?"
"Bisa! Gak pake jariknya... jadi 20000!"
"mmm... gak bisa kurang lagi..?"
"Maaf udah pas, ya kalo mbaknya gak mau, tuh anak tetangga ada yang mau.."

"mmm gitu ya... ya udah saya ambil mbak.. gak pake kainnya"
"ok! 20000!"
***
WAKAKAKAKAKAK!!! Hari KArtini semua bicara emansisapi. Bocah itu kudu wajib berpakaian adat, gara-gara hari Kartini! Sekarang apa hubungannya memakai pakaian adat dengan memperingati perjuangan Kartini! Pelestarian kebudayaan? (prek!) kalo yang itu. Yang ada hanyalah judeg kali empat sama dengan gak jelas. Dengan kata lain termakan simbolisasi.

Iya bener dirayakan setahun sekali. tapi kalo harus menggaris bawahi kata-kata WAJIB! Bukankah ini pengekangan berpendapatan dan berpenghasilan. WAJIB bermakna meruncing, lebih memokokkan aturan tanpa kompromi. Yag kemudian, keterpaksaan adalah salah satu jalan yang harus ditempuh. Ikhlas? Udah dari tadi nyemplung ke kali!

Nah sibocah wajib memakai pakaian adat dan si bocah kejatahan baju adat Jawa, setidaknya itu kata papan pengumuman yang tersemat di salah satu dinding sekolahannya. Ya sebenarnya gak pake pakaian adatpun aku kira tidak jadi soal. Tapi apakah si bocah bakalan pede ke sekolahnya yang semua temen-temennya sukses pake pakaian adat? Mmmmm...Yang terjadi adalah kemungkinan si bocah memilih absen mengikuti perayaan hari raya Kartini. Dan mungkin juga memilih meraung dirumah menyesali betapa orangtuanya tidak memenuhi ke WAJIB-ban yang digaris bawahi oleh pihak sekolahan.

Wajib memakai Pakaian adat ini di hari Kartini apa sih tujuannya? Melatih berkebangsaan dan sadar emansipasi? Atau kalo pas gak bisa menyewa apakah melatih betapa kuatnya memori si bocah untuk selalu mengingat masa kanak-kanaknya yang tidak pernah merasakan keceriaan berpakaian adat seperti teman-temannya? Seperti yang di WAJIBkan sekolahnya? Sak karepmu!.

Si Ibu harus memilih, anak dengan keceriaan (mungkin) memakai pakaian adat itu atau apa untungnya menyewa pakaian tersebut! 20000 lumayan, beras 4 liter. Tapi demi anak, dan biar anak tidak canggung diantara teman-teman yang kompak berpakaian adat. 4 liter beras untuk menyewa pakaian adat pun dilakukan untuk si bocah. Untuk bisa meramaikan perayaan hari raya Kartini. Namanya juga orang tua demi anak apa sih yang tidak.

Hmmm... tanggal 22 April hari Bumi. Kenapa gak dilatih emansibumi aja kepada bocah-bocah itu. Lebih mengenali sampah dan apa yang harus dilakukan dengan sampah! Dan pentingnya Bumi untuk masa depan? Bukankah melatih lebih jauh lagi tentang membuang sampah dengan imbuhan di WAJIBKAN, akan lebih murah ketimbang WAJIB memakai pakaian adat? Ngono yo apik.

***

"Dah ganteng sekarang anak ibu"

Dimas melihat dirinya ke pantulan cermin. Senyum.
Mantab sudah Dimas berpakaian. Lengkap tersemat. Blangkon, surjan, kendhit, lonthong, jariknya embah putri yang dipotong sedemikian rupa dan...

"Pake sandal jepit aja ya..". Si Bocah mengangguk, Dikecup kening bocah itu. Lalu digandeng menuju sekolahannya.

Karnaval dimulai sebentar lagi.

semacam:
Ngono yo apik --> gitu juga bagus
sak karepmu --> terserah kamu

72 comments:

jengsri said...

yihaaaa, pertamax!!!!

Jadi inget sama eman temen JS, tuh eman skrng nasibnya baek bener dah, dapet bini cakepz banget!

keboaja said...

Nasib wong susah kang, mo gimana lagi.

Cebong Ipiet said...

eman eman siro menungso

Cipzto said...

aku belum pernah ngerayain pake pakaian adat :D

itempoeti said...

Hooooaaaaaeemmmm...

Angop sikik...

senoaji said...

@itempoeti: (angry) angop ra nang kene! (lmao)

itempoeti said...

Prosesi ritual yang telah kehilangan nilai-nilai sakralitas yang hakiki...

Woooaaaacccciiiiingngngng....

Rodo pilek bar kudanan....

xitalho said...

Ndak papa mas... setahun sekali... jika perlu diewangi utang yo gak popo... penting pake kebayak...hehehehe...


ngono yo apik (halah ngerti nda...!)

wewarna said...

bayangin kalo dana kampanye untuk biaya sewa. beras dapet, pakean adat juga dapet

dafhy said...

hem saya kira hari kartini ndak perlu ya mas dilakukan seperti itu
kisah di atas sungguh menohok hati khususnya saya
yang perlu kita tanamkan adalah semangat kartini

Itik Bali said...

Namanya juga pengin membahagiakan anak mas
apapun dilakukan
termasuk kebanggaan anaknya pada saat hari Kartini
tampil cuantik dan ganteng pake baju adat
direwangi utang kesana kemari

The Dexter said...

Emansimungil...
Simbolistik yang masih selalu jadi acuan, begitulah sampai saat ini yang terjadi di ranah tanah panah Indonesia ini. Aduuuuhhh...gerakan bumiku kian mengencaaaangg mendekati langit...

Lagi kelingan di eman yo pakde?

juliach said...

Kebetulan aku orang jawa yang kebetulan masih kental ... Hari Kartini tak jadi masalah ... aku sering pake kebaya Eyang Putri atau tante-tanteku ... ndak pernah nyewa-nyewa!

radesya said...

Hihihi...
Jadi inget pas pakai kebaya saat itu, satu kelas pada melototin gitu, bayangin ja, pemain basket, jarang pakai baju cewek, nggak pernah pakai bedak, pakai sanggul :D
dah gitu disuruh mewakili lomba keluwesan, aduh pakaiannya bikin nggak bisa nafas kak..
Untung ja sanggul aku tidak lepas, temenku ada yang sanggulnya terlepas, hihihi...

mantan kyai said...

lha piye ngono iku jal??? eman yo apik !!!

bunda said...

@ tanggal 22 April hari Bumi. Kenapa gak dilatih emansibumi aja kepada bocah-bocah itu. Lebih mengenali sampah dan apa yang harus dilakukan dengan sampah! Dan pentingnya Bumi untuk masa depan? Bukankah melatih lebih jauh lagi tentang membuang sampah dengan imbuhan di WAJIBKAN, akan lebih murah ketimbang WAJIB memakai pakaian adat?
seremonial yang tak dimaknai dengan benar memang jadi menyebalkan.
salam

brown sugar said...

Wacana yang memelas....
Sinkronisasi Nurani yang harus di perkosa secara tidak lazim oleh kebudayaan yang secara kasat mata telah menindas zona ekonomi, namun masih mampu berlari dengan sedikit sentuhan cinta dan kasih sayang.

Ngadep tembok ahhhhh *****

BIG SUGENG said...

Yang wajib itu menutup aurat ya Mas, masalah baju apapun yaa yang penting menutup aurat, mending ra mlebu sekolah kalau saya disuruh pakai baju yang aku ngggak punya....

Echi said...

kasihan yg terpaksa jadi Kartono setiap tgl 21 april yah... kok jadi penjajahan model baru terhadap kaum pria hihihi... *piss*

mocca_chi said...

sandal jepit, lebih mending daripada nyeker.

hmm.... yah, sewaktu sekolah aku juga berpikiran yang sama, apalagi klo tar udah ada anak yg sekolah.

boohng kalo sekolah gratis, gini giniannya yakin ga ada yang gratis -__-"

boykesn said...

ditempat kerja sayapun juga sudah menjadi rutinitas tahunan, hingga hari ini saya bingung...hubungan wajib pakaian adat dan memperingati hari kartini tak terkecuali laki-laki. Seperti ada urusan adat...( Bali )

rco said...

Wajib bagi yang mampu, ndak wajib bagi yang tidak.....

Wajib kok milih....nanti semua orang pilih jadi miskin.

mending gak pake wajib
Lagian Pak Wajib tetanggaku dah lama mati. Sudah pendak.

Kemarin sore ada undangan tahlil....
Huahahhahahaha....
Sarapan dulu... pisang goreng keju campur kecap asin

purwaka said...

dak pa2 jadi nomor ke.......
salam kenal jah :D
nice blog

Blog Ijo - Bukan Buto Ijo said...

daripada meng-kartini baiknya membumi aja yuks...

ajeng said...

He-eh Mas,kayaknya hal2 yg bersifat simbolis kayak gitu sudah saatnya ditiadakan ae. Harusnya semangat Kartini yg kita contoh,bukan pakaiannya.. Gut,gut..

cucuharis said...

Saya yakin jaman sekarang banyak perempuan yang bisa menerangi kehidupan
Seperti ibu saya, ini ya buat saya :D

sibaho said...

anak saya kemarin pake pakaian bali kang...
stok lama untungnya, gak perlu nyewa :D

Linda Belle said...

iya sih..buat apa ya pake pakaian adat begitu klo gak mampu gimn??? hrsnya malah disediain ama sekolahan jd gak perlu pusing n susah

♥ Neng Aia ♥ said...

wah postingannya udah kayak buku kamus JAWA - INDONESIA, ada artinya. bagus! :)

hari BUMI juga dirayakan oleh anak² TK dan SD, ada kok.. cuma ga kliatan aja karena ga heboh 'n ga di syut tv swasta :)

denologis said...

sesuaikansajalah....
seragam kan yo apik....
HEDOP PENYERAGAMAN!!!!

rayearth2601 said...

wew, ono opo koq nganggo blangkon, sendal jepit ??

Ayas Tasli Wiguna said...

Huehueee... s7 tuh harusnya ada emansibumi mari kita pelihara bumi dengan ngga' ngomong jorok sembarangan!!!

Ngemeng2 nama emaknya Dimas sp Bos???
Aku kan oedipus complex, huehueee...

manusiahero said...

hayaaaaaaaaa..

ada translatenya di akhir postingan...

ya wess karepmu heee..

grubik said...

bangsa seremonial...

Lha, lonthong ki termasuk pakean adat to? berarti aku ndak ndino nggowo pakean adat, ndak dino kartininan aku, hibat...

zenteguh said...

yoi setuju mas...kayaknya emang harus dikaji ulang perayaan Kartini karena tak lebih dri simbolisasi saja. Sementara Hari Bumi, banyak hal konkret di sana utk kehidupan

dwinacute said...

kalo udah gede mungkin bisa bilang gak mau make baju adat! buat apa, gak ada hubungannya ama hari Kartini.
tapi kalo melihat wajah si kecil yang memelas karena pengen seperti temen-temennya make baju adat. duh ra tego aku mas

Pipit said...

mas, mas
temen saya waktu hari bumi dikasih ikan kecil ama mbak-mbak yg berdiri di depan kampus.. artinya apa ya? apakah itu juga cuma sbagai 'simbol' aja?

J O N K said...

wah, kalau pake baju adat tapi gak ngehormati hari kartini yang percuma ya mas heuheuheu ...

lha, saya lebih setuju sama Hari bumi terus kita nanam pohon :D

endar said...

demi seragam harus memberatkan orang tua. (doh)
sakjane ngono yo apik. lanjutkan. (dance)

xitalho said...

Umpamane aku nggo kebaya ngunu piye yaa....?(lmao)

nurannisaa7 said...

baca tulisan ini malah jadi sedih,
jadi inget ibu dirumah..
'sang kartini sejati' yang rela mengorbankan apapun demi kebahagiaan anaknya.. :'(

ciwir said...

kok template dadi ngene?

suryaden said...

sesuaikan,
elus-elus..
cret..

mommy adit said...

hehehe...

Gisoft said...

Rapopo, google wae rayakno hari kartini..

Omegha said...

Persis banget jaman aku sd..

mbah sangkil said...

jadi ingat ponakan ku kemaren lomba mewarnai tapi pake beskap dan blankon... malah ribet katanya, kayak lemper

galuharya said...

kejadian sejarah yang sudah tinggal simbolitas.

semacam...peringatan kemerdekaan bangsa ini,setiap sekolah/kampung2 mengadakan karnaval dengan peserta yang berpakaian pahlawan.

akan tetapi disini akan timbul polemik antara ibu2 yang pamer harga sewa baju karnaval anaknya xixixi...

ngono yo apik!!!tapi bukankah malah lebih apik kalau menanamkan sifat2 serta sikap2 para pahlawan itu sesungguhnya ketimbang harus sewa baju yang nantinya kalau kena keringat akan di campakkan begiitu saja di tumpukan cucian....

sak karepmu!!!
buat aku memaknai hari besar bangsa ini akan lebih bijak jika kita mawas diri tentang apa yang sudah kita lakukan buat bangsa indonesia ini.

meylya said...

eman...eman...cup...cup

sukarnosuryatmojo said...

waduh mas, di kantorku kemarin para ibu yo pada sibuk pake kebaya, bengesnya menyes-menyes.. nggak bekekerja, sibuk pantes2in bajunya. Lha, sdh ndanndan a ala Kartini kok malah males nyambut gawe. wis karepmu opo toh mbak/bu..
Ingat, Kartini dulu tidak buang sampah sembarangan tapi boros menggunakan kertas, maklum belum punya laptop ha..ha..

olip said...

huaaaa .... semangad perjuangan kartini yang patut di tiru ... bukan berpakaian ala kartini...

Ilham Maulana said...

wah..mantap2.. aq suka ni

taufikasmara said...

Nice posting... Sumpah baru kepikiran setelah baca postingan ini. Semoga pemerintah atau pihak sekolah bisa meninjau kembali kebijakan-kebijakan yang memberatkan keluarga siswa-siswinya.

kezedot said...

pa cabar sahabat

i miss u

salam hangat dalam persahabatan bersama blue dan kezedot

Penny said...

jadi ingat kartinian jaman SD dulu deh... hehehe
sibuk sewa kostum.. make up pagi2 dengan sanggul/konde yang besar utk ukuran anak SD hahahaha

achmad sholeh said...

ingat jaman SD dulu, salam kenal

priandhani said...

saya jadi inget, eman situkangroti.

ajengkol said...

emansipasi tetep pada kodratnya :)

IjoPunkJUtee said...

PEnghormatan kepada sejarah bersembunyi dibalik topeng simbolisasi, Kartina tak kan bangga dengan situasi ini...

Beliau kan tersenyum penuh arti, tatkala pendidikan tak diBISNISkan lagi...
Kaum wanita dilindungi, agar mereka dapat menjaga jati diri.....


* Wis do ngerti..??Prof isih bingung ki....

gdenarayana said...

wekz, ra mudengggggggg akuuuuuu :lol:

sawali tuhusetya said...

adak kekeliruan yang sudah mengajar dan membudaya di kalangan masyarakat kita, mas, kalau momen kartini mesti anak2 perempuan harus berpakain kebaya. padahal mestinya semangat kartini bukan terletak pada seremoninya, tapi bagaimana agar perjuanganb kartini dalam memperjuangkan hak bagi kaumnya itu bisa terwujud di tengah2 kehidupan masyarakat, makanya sejak jadul, emanispasi selalu ndak pernah terwujud. bahkan cenderung menyimpang dari misi kartini. walah, kok jadi sok tahu saya, haks.

faizz said...

kalau boleh kartini menangis, dia akan teriak, ternyata perjuangan gue hanya di hargai dengan pakai pakaian adat? nggak kreatif.

faizz said...

layout gonta ganti mulu. tapi ciamik jo

-bias- said...

wah judeg tenan kui mboke...

SanG BaYAnG said...

Loh..kok malah sak karepmu..???
Lha..sok kapan karepe wong cilek biso keturutan yen opo-po di wajibkan..???

Kabasaran Soultan said...

he-he-he .
lagi-lagi dan lagi tulisan kamu sedikit menonjok akal sakit tradisi yang seolah-olah tampak seperti akal sehat.

Andy MSE said...

Sampai sekarang aku ra mudheng blass, kenapa kalau pas Hari Kartini pada pake busana daerah...
Kalau pas Hari Bumi pake busana apa ya??? Atau nggak usah berbusana aja???

Anang said...

ngono yo apik

IjoPunkJUtee said...

Tenang aja BRo...maksud hati bukan datang tuk nagih utang, atau hanya sekedar numpang makan gratisan.

Maksud hati hanya mo nyepam doank....
Kwakkkk...kkkk....

kezedot said...

met malam
met berakhir pekan
salam hangat dalam persahabatan

Elsa said...

makanya...
aku sih lebih setuju hari Kartini diganti hari baju nasional aja...

日月神教-任我行 said...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,色情,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女

Post a Comment

Jan-jan e ngene lho..

KHILAF ITU INDAH

Jangan pernah takut untuk menulis. Jangan pernah merasa tidak bebas menulis. Jangan pernah merasa tulisanmu itu tidak lebih baik dari tulisan siapapun. Jangan pernah dipenjara oleh ketidakmampuan. Jangan pernah merasa tulisanmu tidak layak. Dan jangan pernah berhenti untuk menulis lebih baik menurut ukuranmu.

Apapun aksara dan kata yang kamu toreh. Kamu telah menulis kalimat indah dalam hidupmu. Kelak menjadi cerita, dongeng atau mitos tentang keberadaanmu, karena kamu menulis.

PREKMATANE!

Tentang

My photo
Aku adalah seekor manusia. Dan Selalu ada saat yang tepat untuk menjadi Raja di Kerajaan sendiri. Senoaji
There was an error in this gadget

Lagi Pipis

Lagi Pipis
ANTRI DONG!!