04 January 2010

ASU

Labels:

Asu atau dalam bahasa ingris-nya adalah kirek dan dalam bahasa melayunya adalah doggy. Acapkali dihubungkan dengan pernyataan sikap kepada seseorang yang kelewat kemlinthi, mbagusi, nggaya, kakeyan cangkem dan mbajing. Namun pada dasarnya asu sendiri adalah nama sejenis hewan yang bukan sejenis kucing. Atau kebanyakan orang mengenalnya dengan anjing.

Entah mengapa dan didasarkan pada hukum apa asu menjadi semacam hukum tutur yang menguat menjadi tradisi yang susah diabaikan. Dan menjadi semacam bahasa tabu yang tidak boleh di ucapkan sembarangan. Karena beranalogi kasar, sarkasme dan membinatangkan orang. Apa karena merujuk pada tingkah laku asu atau anjing itu sendiri yang sama dengan tingkah manusia. Mbuh juga!

Padahal kalo menurutku tingkah laku manusia (laki-laki) khususnya yang sama dengan anjing dan mudah dijumpai adalah pipis sembarangan (tapi tidak semua, kalo gak ada pernyataan seperti itu entar dikira gebyah uyah, pukul rata, hiya to?). Bedanya kalo anjing atau asu sebagai penanda wilayah kekuasaan dari anjing atau asu yang lain. Nah kalo manusia adalah penanda kekemprohan yang berakibat pada pisuan asu pesing cuk!

Mungkinkah berawal dari itu maksud dan tujuan serta misi dan visi kenapa asu menjadi salah satu bank kosakata dalam ranah kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang dikhususkan untuk pelemahan karakter seseorang, karena tingkah lakunya yang dianggap lupa akan esensi memanusiakan manusia. Kalopun ada konsepsi seperti itu dan pingin menghilangkan idiom ke-asu-an tersebut, maka pergilah ke laut terus kehutan. Karena kehidupan di bumi susah dianggap sebagai tempat suci.

Namun alangkah baiknya jika pembelajaran untuk tidak bertutur kata-kata asu sebagai representasi luapan emosi. Tapi butuh waktu dan membiasakan diri. Atau kalo perlu menjauh dari kontaminasi kata-kata asu tersebut. Dan membentengi mulut dan hati serta logika dengan jejalan kata-kata yang EYD. Berlatih kalopun perlu sebagai upaya terapi kalo memang suka sakow, kalopun perlu. Tapi semua kembali pada diri kita, mana yang kita pilih itulah yang terbaik.

Kalo aku asu lebih banyak aku terjemahkan bukan sebagai kata kasar. Asu ya asu sekedar nama hewan berbentuk anjing. Kalo asu muncrat dari mulut ku dan sebagai bagian dari dialog antar kawan dekat dengan catatan_asu bukanlah saru. Maka nyaman saja bahkan lebih seru. Yoi ora suuu?

Anjing : wooo bola bali manusia kenapa nama kita jadi pisuan seperti itu
Aku : ya karena kamu asu
Anjing : wooo manusia
Aku: wooo asu
Anjing : manusia
Aku: asu
Anjing : cuk
Aku: Guk!

NB (Notulensi Badak) : Tulisan ini hanyalah saru belaka, pelaku dan kejadian sengaja direkayasa untuk memudahkan mendulang sensasi dari persetubuhan antara cagak listrik dan rumput yang bergoyang!

47 comments:

suwung said...

suuuuu plasuuu gitu kalo diriku

Sarimin said...

jasik, saia pernah di gigit asu di bokong saia...

anna fardiana said...

waduh, pagi-pagi aku baca tulisan saru... :p

meylya said...

wooo ternyata lagi kencan mbi asu iki wakakaka

omagus said...

Prek suuu..!

Tisti Rabbani said...

moco ae, ah..
ora arep komen...xixixixi

ciwir said...

ASU = Aset Swadaya Umat

Anang said...

Ncen asyu

Jidat said...

Su Asu!!!!!

travel murah surabaya - denpasar said...

percakapannya lucu juga tuh

zujoe said...

hohoho... karo anjing aja sampe bertengkar gitu...

Pradna said...

duoggyyy...

(ijeh kurang manteb drpd uasssuuu...)

kearifan lokal memang mooyy...

sibaho way said...

suwung edan, mau aseli atau plasuuu tetap suuuu... :))

ami said...

heluuuuk asu iku lluciuuu pol kang

xitalho said...

Hladalaaaah....
Kuemproh suu...!!

dudu asu said...

ya, pisuhanologi memang cabang ngelmu pengetahuan yang menggairahkan untuk dipisuhi secara mendalam dan ilmiyah

karepmu, suu...

nurannisaa7 said...

weleh.. weleh...

Pipit said...

MEOOONNGGGG!!!

Cermin Community said...

saru tapi seru, kawan.

salam hangat.

gempur said...

cen sing nulis pancen manteb, manteb sak sembarange... ning koyo judule ra?

annosmile said...

*nguncalke balung*

codekalaitu said...

su

senoaji said...

Fas Riding!

pongpet said...

huuh

gusrohman said...

aku juga punya bteman yang namanya asu. lengkapnya mohamad ASSU-MALIK.

wahyu said...

haha..aneh2 wae..

Artis Indonesia said...

wah judulnya tuh lohh .. gmanaaa gtu :)

zen said...

asu, asu, lucu tenan iki....kekekek

yunus Chalim said...

asu... mbulet...

akubunda said...

klo di Sby cukup bilang, jangkrik!!! ....:D

PRof said...

joh...ditiru anakmu loh kang....

rudis said...

suwun kunjungane, slm kenal

Ongki said...

Hahaha, ikutan ah,, a*s*u

katakataku said...

ehem-ehem.........guk gak gak gak guk......

anno said...

nampang wae

bang ciwir said...

asyu???
gug...guk

soewoeng said...

guk guk guk
diriku buka edan hanya soewoeng ajah

M.A.R.Y.O said...

ASU = Anggaran semuanya Untukmu..hahaha...

rental mobil said...

ASU= ANJING

KangBoed said...

Selamat Tahun Baru
Semangat Baru
Menemukan Diri Sebenar Diri
Meraih Kehidupan Sejati..

:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

KangBoed said...

Selamat Tahun Baru 2010
Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
DEMI MASA..
DEMI WAKTU..
WAL ASRI..
semuanya sudah kita lalui bersama sama..
Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
Sebelum TERLAMBAT
Selamat Tahun Baru 2010

BrenciA KerenS said...

huaaassssyyyyuuuuuuuuuu...ih... *nunut wahing*

Nakal said...

Asu,ki!!
Pabu!!

sewa mobil di surabaya said...

wah2 artikelnya kok kayak gini ya...

sewa mobil di surabaya said...

nice post

rental mobil di surabaya said...

kok bisa gitu sih...

Anonymous said...

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAASSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAASSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

Post a Comment

Jan-jan e ngene lho..

KHILAF ITU INDAH

Jangan pernah takut untuk menulis. Jangan pernah merasa tidak bebas menulis. Jangan pernah merasa tulisanmu itu tidak lebih baik dari tulisan siapapun. Jangan pernah dipenjara oleh ketidakmampuan. Jangan pernah merasa tulisanmu tidak layak. Dan jangan pernah berhenti untuk menulis lebih baik menurut ukuranmu.

Apapun aksara dan kata yang kamu toreh. Kamu telah menulis kalimat indah dalam hidupmu. Kelak menjadi cerita, dongeng atau mitos tentang keberadaanmu, karena kamu menulis.

PREKMATANE!

Tentang

My Photo
Aku adalah seekor manusia. Dan Selalu ada saat yang tepat untuk menjadi Raja di Kerajaan sendiri. Senoaji
There was an error in this gadget

Lagi Pipis

Lagi Pipis
ANTRI DONG!!