03 February 2009

Tetaplah Semangat Sekolah, Walaupun harus...

Labels:



kereta bandung - jogja ngetem, nunggu kereta lain lewat [ya iya dung masak nunggu dokar lewat]

hmmmm....



hujan gak dikomando bresss pelan2... dan anak2 itu apa lagi hujan2an yak??? duh padahal baru kena dinginnya aja dah bikin sentrap sentrup... lagian kenapa juga tuh perempuan berumur 15 tahun lebih muda dari aku nekad ngegendong anak kecil, hujan2an lagee, apa gak takut tuh kena demam... terus yang pake seragam itu apa gak sekolah... "jam sekolah udah selsai mas.." kata seorang penumpang lain. Oooo... terus kenapa pada main hujan2an gituu???? [mikirrr????]

"oomm....ommm..". Lagi.. "oommm...ommm..". lagi dan mempeepat langkah.

ehhh... yang masih pake seragam lari mendekati tempatku berdiri dan ada satu penumpang lain bapak2 berdiri didekatku. "kita tunggu aja mas...". "lho pak tapi kereta dah jalan nehh..". "kita tunggu aja dan pintu kereta tetap kita buka...". "emang ada apa tho pak????". "Kita sambung permintaannyaa..." aku diam. dan menunggu.



"makasih Ommm..." Teriak anak kecil itu. Disela kereta yang melaju merambat cepat.

'...HIDUPLAH INDONESIA RAYA...'




58 comments:

indra putu achyar said...

sekolah itu penting.... ayo adek-adek semangaaaaaaaaaat mencari ilmu... hiks****
maaf mas senoaji, saya baru bisa ol lagi niii.... baru selesai pekerjaan dunia nyata,,, hiks8***

Seno G Pake Aji said...

Sedih kalo mengingat mereka =( tapi disatu sisi bersukur atas apa yang saya dapat.

david said...

saya jadi sedih ngelihatnya....

suryaden said...

sekolah itu memang penting, yang nggak penting adalah sekolahnya dimana, tapi kalo sekolah harus bayar mahal dan harus kerja atau minta-minta kayak gitu...
jadi nggak penting sekolah deh...

boykesn said...

Tetaplah sekolah...sambil menunggu sekolah itu bebas biaya. Dan benar-benar merasa beabas biaya.

ajeng said...

Itulah Indonesia kita... Dan Hiks..hiks..kita didalamnya, kadang bahkan gak bisa berbuat apa-apa...

Lyla said...

kalo anak yang rajin dan memang pengin sekolah, tantangan apapun ya tetep berangkat

Atca said...

tuntutlah ilmu setinggi langit..
mudah2an semangat selalu menyala didada anak2 kita..walauoun ada halangan dan rintangan

senoajism said...

wah ampe segitunya itu anak kecil dapetin duit kang...??

rayearth2601 said...

Begitulah anak anak

apapun akan dilakukan

bila dia ingin :)

Senoaji said...

@indra putu achyar:nyante aja mas... makasih dah mampir... nyawer nya to kerjaan pokoknya nehhh wkwkwkwkwkwkwk

@seno g pake aji:yup! setuju banget

@david:waduuhhh sob...

@suryaden:cucok pol2an

@boykesn:semoga cita2 yang selalu ada itu diikuti dengan bukti kerja mereka2 yang ada...

@ajeng:nurani, ini persoalan nurani pemerintah lokal, dan seluruh kebijakan yang memenjarakan hak2 mereka

@lyla:setuju mbak...

@atca:semangat itu perlu terus dikobarkan... masadepan mereka baru kita pinjam sejenak...

@senoajism a.k.a. Gde Narayana:mau begimane lagi, kayaknya mulai membentuk kultur baru didaerah itu

casual cutie said...

sedih ya kalo lihat mereka...

www.katobengke.com said...

kasian yah kehidupan mereka............
kalau seandainya keadaanya kita balik gmana yah.......
mampus aq.....
hehehheh...

faizz said...

gue cuma bisa berkuabng air mata, ketika secara tidak sengaja dan sengaja meyaksikan mereka berkubang dengan hidup yang serba abstrak....tapi gue cuma bisa menangis dan gak bisa berbuat apa-apa karena gue juga pernah menjadi bagian dari mereka dan pun demikian sekarang.........

Erik said...

Memang, kalau mau berhasil, kendala yang ada menjadi tantangan.

Dhe said...

iii...*terharu moden on*

hebatnya.. padahal tu kan tantangan.. nadai aja dia... (Smoga Aja Tidak)

:(( sedih banget liat gt.. padahal banyak di antara anak2 sekarang yang malas2 skolah

awie said...

untuk mencapai keberhasilan terkadang memang kita sering menjadi bahan ejekan dan cemoohan orang ,buat aku mereka perlu di acungi jempol karena sudah berusaha untuk menafkahi diri sendiri tanpa harus selalu minta kepada orang tua selam itu tidak merugikan untuk diri mereka dan orang di sekitarnya itu sah -sah saja jangan pandang mereka dengan sebelah mata ,cobalah kita merasakan apa yng mereka rasakan,bayangkna kalau diri,anak saudara kita ada yang seperti mereka bagaiman tersayatnya hati dan jiwa kita ya toh kang

jaloee said...

waekss iya ya.. ayo semangad dek.. potret sederhana namun sebenarnya mangharukan jg.. inga waktu kecil

haris said...

anak2 kecil yang penuh semangat! kadang kt yg dewasa aja kalah. he2.

bocahbancar said...

Hhhhhh(menghela nafas panjanggggggg)....
Bagaimana ya Maz saya berpendapat, lidah ini kelu, gerak tubuh terasa kaku..Di satu sisi tentu kita merasa kasihan, namun apa dengan rasa kasihan kita itu kemudian memberikan sejumlah uang, masalah akan selesai...???Ternyata tidak, dalam ilmu yang saya pelajari(Ilmu pekerjaan sosial, meskipun nanti semester II ini baru dapat, tapi saya sudah banyak membaca di perpuS kampus)yang paling baik adalah memeberikan pendidikan dan skill bagi anak0-anak yang tidak mampu ini..
But memang sekali lagi saya katakan, hanya dengan memberi saja itu adalah perbuatan menolong namun tidak mendidik..

Salam...Mari kawan kawan yang memiliki ilmu dan harta yang lebih, lakukan secara nyata bantuan kita dalam upaya memberdayakan anak anak ini..

Salam semangat...

bloggeraddicter said...

mampir di padepokannya suhuuuu...hehehe

wah saya mau komenk kok jadi lupa yah...hehehe

oiya..salam kenal...ngacirrrr...hihihi

Yan Q said...

menggenaskan banget yah dunia pendidikan di negara ini. sampai2 anak yang seharusnya ada di bangku sekolah harus rela ada dijalan untuk mencari penghasilan. semoga setelah baca blog ini banyak orang yang tergerak untuk berbuat sesuatu.

Tukang Nggunem said...

Hal2 kaya gitu yang seringkali mengingatkan saya betapa saya harus mensukuri keadaan saya yang jauh lebih mudah daripada mereka, namun sayang seringkali kemudahan2 itu justru melenakan...

The Bitch said...

kenapa harus sedih? tiap2 orang punya perjuangan hidup sendiri2, bahkan anak2. sama dengan bocah seusia mereka yg harus mempertahankan nyawa di daerah2 konflik. prinsipnya sama, teknisnya beda.

rasanya koq gak bijak ya ngasih uang ke anak2 itu. kalo emang care dan ga tega liat banyaknya anak2 yg turun ke jalan buat cari uang, jangan kasih uang. instead, kalo emang peduli sama nasib mereka, luangin waktu dan space dalam tas. beli susu atau buah dan kasih itu ke mereka. sekecil itu mereka cuma mikir gimana bayar sekolah dan kontrakan rumah atau nyewa PS dan makan kenyang. padahal masa pertumbuhan gitu mereka perlu nutrisi cukup buat perkembangan badan.

perubahan emang nggak instan. makanya jangan kasih solusi instan ke mereka. anak2 jalanan di jakarta lebih suka beli lem atau minuman buat get high dan mabuk. dan barangnya dibeli dari uang yg dikasih orang2 seperti kalian ke mereka. so please, think beyond. not just now.

there. i shout my mind. any objection?

Ullyanov said...

"Nenekku melarang aku sekolah...." (Duh, inget salah satu sampul buku pendidikan jaman ikutan demo2 dulu).

Barangkali, bagi mereka, di situlah sekolahan mereka. barangkali di situlah mereka merasa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan menghadapi hidup.

Senoaji said...

@casual cutie:hmmmm...

@www.kotabengke.com:wah masak sihh...

@faizz:wahh sob salut dah...

@erik:betul bang erik... maju terus...

@dhe:ironis...tapi ada... jadi gimana dung

@awie:setuju sob...

@jaloee:waduhhh merasa tersanjung dikunjungi dari padepokan suhu jaloee...

@haris:bener banget sob... n kadang yang dewasa seperti kita malah sering merasa mati suri

@bocahbancar:setuju banget sob...betewe thanks dah mampir

@bloggeradicter:hayahhhhh!!! ciat! ciat!! wkwkwkwkkwkwkwkkwkwk

@yan q:pendidikan dan kehidupan perlu ada semangat untuk berubah... dan agen2nya?

@the bitch:mungkin...

@ullyanov:dan barangkali juga disitulah kita bisa belajar bijak...

Senoaji said...

@tukang nggunem:[sengojo keri dewe, wkwkwkwkkwkwk] prinsip makan emping... enak kalo makan terus, pahit kalo berhenti. [nyambung ra???]

makasih semuanya...

diandra said...

Wah..pengalaman ngetem dan sedekah ya, Bang Seno!

Brigadista said...

yups....tanpa sekolah mo seperti apa bangsa ini,...!!!

Linda Belle said...

sigh...
emang sedih tp mo gimn lagi, emang beginilah bangsa kita...

namaku wendy said...

potret nyata Indonesia Rayaku hehehe buka mata buka telinga ini nyata..
"gak popo wis le, tinimbang kowe nyolong ra sekolah pisan, nek wis lulus sekolah ojo dterusne yo le"

uline said...

dilema ya.. kadang kita iba akhirnya memberi, tapi di sisi lain rasa iba itu membuat mereka terlena dan terbiasa untuk meminta..

aia said...

dung dung preettt

Itik Bali said...

Wahh artikel dan foto-fotonya bagus banget..
Lucu dan haru,,
Iya ya, penuh rintangan tapi semangat sekolah oke banget
Padahal saya yang begitu banyak kemudahan kadang masih suka males..

It's wonderful

Elsa said...

waaaah... fotonya buuuaguuuus tenan!!!!

Elsa said...

siapa tahu.... anak itu kelak jadi pemimpin negri ini

Cebong Ipiet said...

hayoo dek tetep sekulaaaah...biar jadi kayak kaka kecebong ini *apa yg dibanggain coba,,,aneh dweh diriku ini*

hikz jadi inget pas TK dulu..masih nenen *halah g nyambung*


wes pokoke bagi yg pernah merasakan menderita...semangaaaaad....

fuda said...

wuaa jalan2 do'i...
sen ngasi brp luw ke bocah..
mantaaaaap oleh2 artikelnya. kereeen

BlaGaBloGer said...

Wah.... padahal bahaya yah.... kalo dia jatoh nyusruk(waduh bahasnaya) gimana????

apa untuk biaya sekolahnya yah???
ckckckckkc...

grubik said...

Walah, mugo-mugo nek gede ora dadi gali
mugo-mugo dadi cah pinter wae kowe lee...

khofia said...

hwawawaaa~~~~
sungguh capturing yang bagus buat gambarin kejadian2 yang 'indonesia banget'...

ya ya ya... adek2, teruslah bersekolah, biar pinter dan bisa merubah nasibmu dan kaummu di masa depan...!!

PUISI RENUNGAN said...

SEMANGAT!!!!

Sekolah emang penting... kasihan yang susah payah sekolah, sementara yang punya semuanya menyianyiakannya.

Henny said...

ah..pemandangan yang sama seperti yang aku liat hari minggu kemarin. tragis.

btw mas senoaji, makasih buat ucapannya yah!

easy said...

sekolah tinggi bisa cari suami yang lebih mapan hihihi
*digetok*

rayearth2601 said...

jadi inget masa anak anak

Van Den Bosch said...

Keren bro.....

erwinyustiawan said...

potret kehidupan bangsa kita...

senoaji mumpung nyawer said...

akhhh radio head memang enak kang, smashing pumpkins juga :D

yuhuuuuuuuu....:D

FATAMORGANA said...

yah harus semangat utk menuntut ilmu. tapi...sekolah kan mahal ya?

nA said...

Kapan negeri tcinta kita ini bs beneran gratis tis tis biaya sekolah... Mule dr PAUD ampe paling enggak skolah menengah...

Met kenal

Sang Penyamun said...

ayo... sekolah....

yang namanya ilmu wajar aja kalo mahal...

tp pemerintah mesti mikirin gimana supaya bisa sekolah gratis di negara ini ...

mimpi kali ye....

hehehe.....

Susy Ella said...

MIRIS T_T

BIG SUGENG said...

semangat, saya jadi ingat dulu kalau kehujanan yaa nggak pakai payung pakai daun pisang atau daun talas besar
waktu kuliah awal juga pernah pakai daun pisang ke kampus

casual cutie said...

ayo terus semangat!!!!!!!!!!!!

ziezie said...

wah miris juga ya mas ...tp inilah lagi2 salah satu profil dr sudut bangsa kita yang lain

yenni said...

Ngenes...banget :)
Katanya nih tanah kaya raya......
Sejak kecil malah sekolah jadi pengemis :(

Oalah...
di Jakarta sana
Duit sedang dihambur-hamburkan untuk sebuah perhelatan yang katanya pesta demokrasi...

ipanks said...

ayo nak,teruslah belajar dengan giat dan raihlah cita-citamu dengan bersekolah

cipzto said...

tetap semangat - semangat terus

Post a Comment

Jan-jan e ngene lho..

KHILAF ITU INDAH

Jangan pernah takut untuk menulis. Jangan pernah merasa tidak bebas menulis. Jangan pernah merasa tulisanmu itu tidak lebih baik dari tulisan siapapun. Jangan pernah dipenjara oleh ketidakmampuan. Jangan pernah merasa tulisanmu tidak layak. Dan jangan pernah berhenti untuk menulis lebih baik menurut ukuranmu.

Apapun aksara dan kata yang kamu toreh. Kamu telah menulis kalimat indah dalam hidupmu. Kelak menjadi cerita, dongeng atau mitos tentang keberadaanmu, karena kamu menulis.

PREKMATANE!

Tentang

My photo
Aku adalah seekor manusia. Dan Selalu ada saat yang tepat untuk menjadi Raja di Kerajaan sendiri. Senoaji
There was an error in this gadget

Lagi Pipis

Lagi Pipis
ANTRI DONG!!