11 March 2009

32 menit dari 8 jam

Labels:

Digerbong 5, disebagian penghuninya. Beribu dongeng keluar dari mulut-mulut traveler itu. Dibelakangku seorang pemuda dengan paras ayu, bicara lirih tentang rencana masyuk di kota kembang. Ibu dengan kerudung merah duduk termangu menatap suaminya yang kuyu menua, pulas terantuk-antuk jendela kereta. Ada lagi bapak yag duduk disampingku. Didalam tas yang terbuat dari kulit imitasi warna hitam, bertutur masa depan anaknya yang kuliah di universitas swasta di Bandung, ada di dalam tas itu.

Entah kepercayaan segede apa yang dipunyai si bapak sehingga bebas bertutur ada 8 juta kes didalam tasnya. Cerita begitu saja, kepadaku yang baru dikenalnya sedari 2 jam perjalanan lepas jogja. Bagaimana kalo otakku digerogoti kebutuhan hidup yang memaksaku culas bertindak lepas kendali. Nekat cabut lompat gebong, gondol tasmu pak?

Dibaris ke berapa didepanku ada seorang ibu muda, terkantuk lemas, bersimpuh dibawah. Harga kursi yang dibelinya dari Timur, rela diikhlaskan untuk anak perempuannya yang sebentar-bentar terbatuk-batuk imut. Dan dibelakangnya aku tahu itu ibu dari ibu muda itu, sesekali terperanjat dan meraih air putih untuk diminum si cucu.

Dibelakang dua baris seberang tempat dudukku, ada ibu-ibu yang parasnya permak abis. Hidungnya kukira sudah gak asli. Mancung seperti macan rimba, ngemil dengan cerocos soal bisnis wartegnya yang gak ketulungan rame. baguslah ku pikir, semakin banyak orang kaya semakin ringan beban bangsa ini. Anak perawannya berparas campuran timur dan barat, sekali ehhh bukan sekali bahkan ribuan kali memijat tuts hape, sibuk mengumbar kangen sama sang kekasih, ku pikir. Lha bapaknya nglemprak dibawah beralaskan selimut loreng seharga 3000 permalam itu.

Jauh di ujung dekat WC ada seorang kawula muda, tubuh kurus kering model rambut gaya ben JET, selengehan dengan gaya yang disetel cuek. Berpose anak ben ketika si perawan lewat mengumbar hajat di wc. Mungkin baru kali ini aku dapati Politik gak lepas dai mulut-mulut pemerhatinya.Dibahas lepas dalam gerbong 5. Terhenyak juga ketika seorang bapak berkumis tebal muka nyaris garang beradu diskusi menarik dengan seorang bapak-bapak paruh baya. Bicara tentang kekuatan politik negeri ini.

Yah yang ku dengar mungkin sedikit karena aku keburu gebelet pipis. Merokok mungkin jadi pilihan melepas kantuk. Dipaksa tidurpun mungkin punggungku bakalan protes lalu kudeta paginya. Didepan wc ku sumpal mulutku dengan rokok harga yang dibandrol sebelas ribu di gerbong 5. Jadi ngeh kenapa rokok perlu juga dinegeri ini. Setidaknya si pedagang asongan yang sambat dagangannya sepi, karena petugas gerbong-gerbong juga ikut jualan. Setidaknya turun cilacap nanti ada untung dari rokok yang ku beli.

Sebatang ku hempas, coba kalo ada pemulung puntung rokok seperti dulu, aku yakin satu pekerjaan negeri teratasi sampah!. Iya sampah yang sebagian bergelayut ditepian ndepis tidur beralas koran, kepala bertopang tas kusuh kumel warna merah semu hijau. Bapak-bapak yang terbangun kelabakan ketika ditagih karcis oleh bapak petugas gerbong-gerbong.

Gak banyak yang bisa ku denger dari pentas semalam di gerbong 5. Alunan musik pengiring, perkusi roda-roda besi beradu besi dengan ritme pukul, hentak, lepaskan, memaksa setiap orang yang berpentas mengakhirinya dengan mengatupkan mulut dan mata. Seperti bapak itu, Lepas jogja sampe pertengahan kebumen. Si bapak hanya sekali bergumam lirih lewat ponselnya. "Bapak berangkat, jaga emakmu baik-baik"

74 comments:

Erik113915 said...

laporan perjalanan lagi ke mana mas?
memang analisis sesuatu mesti dilihat dari berbagai sudut pandang

kawanlama95 said...

wah hebat nih,memang seperti itu.selalu memperhatikan apa yang dilihat,didengar dan rasakan.8 jam dari yogya kemana ya.kereta ya apa ya. ngapain ke kota itu.ketemu sapa.wah banyak pertanyaan nih.ditunggu kunjungan balasan

piyudh said...

hihihi..emang kemana mas seno kemaren ??? wah, tuh di kereta kelas apa mas ?? lihat dari bentuk jendelanya kalo nggak ekonomi ya bisnis ya mas ??? emang banyak cerita yang bisa didapet kalo kita melakukan perjalanan....kayak golagong dulu bilang...kalo mau menulis buku, pergilah sendiri melkukan perjamanan jauh..nanti bakal punya dan dapet cerita ndiri..hiihihi

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, mestinya masing2 orang yg kamu perhatikan itu dijadikan tokoh dalam cerpen. pasti bnyk cerpen yg akan muncul deh.
btw, tuh kaki siapa ya?

aia said...

ini ceritain siapa sih?? ceritain kaki atau penumpang kereta??? *kabuuuuuuuuuuurr*

haris said...

hmm saya selalu menyukai cerita perjalanan, apalagi yang di dalam kereta api. selalu menarik, walaupun kisah itu ditulis tanpa pretensi kecuali mencatat. ya, hanya mencatat hal2 yang kebetulan diingat, lalu mungkin dirasa perlu utk dibagikan. kisah2 sederhana dengan pretensi sederhana pula, tapi selalu menarik!

Lies said...

wew...perjalanan menuju Bandung ya??? Hmm... Bandung memang menyimpan segudang cerita ... lho kok?? jd komen tentang Bandung??? hehehe....

Sang Penyamun said...

ceritanya sepanjang kereta apinya..
pasti ada sambunganya kan..

hahah...

pagi bro.. ikut pergi nyamun gak.. hahha...

Diary Pink said...

"Dibelakangku seorang pemuda dengan paras ayu,...." hehehe saya baca itu jadi berpikir kok ada pemuda berparas ayu??? hmmm.... bencis ya mas hihihi..

namaku wendy said...

bacanya rada-rada gak konsen gara-gara makzzzeeeng ada bau sikilll, wis jiyannn ra sopan!
tut tut gojes gojes.. mas'e habis perjalanan kmana to yo, baru 32 menit dah dapet sak postingan ehm brarti kalo 8 jam jadinya bisa ada piro yo 15 postingan bukan yah, sik sik tak mbuka kalkulator dolo' ntar tak kasi tau wis pasnya brapa huehehe:p

Lyla said...

wah... kalo saya pergi2 gak pernah namanya mau pipis, secara biasanya toiletnya kotor dah gitu bau... ampunnn deh....jd ditahan aja kalo gak jgn minum byk2 biar gak pipis

zener_lie said...

naik kereta yang argp mana nih mas????

aku sih kalo ke bandung naik travel (maklum dari jakarta cukup 2 jam):) hebat juga perhatiin orangnya. jadi teringat masa2x pergi ke semarang

brown sugar said...

Memang ga ada korelasi antara..kaki dengan berbagai macam perilaku yang ada di gerbong lima.....setidaknya kaki itu membuatku berpikir...bilamana kehidupan dibalik bukan kepala yang diatas tapi kaki yang diatas...akan menjadi cerita seperti apakah yang akan kautuangkan dalm postinganmu nanti mas seno?

BIG SUGENG said...

pegel, pegel, pegel
selasa pagi: masih pegel, ngantuk ngantuk ngantuk......
Lhaa di kereta kelas 2 (bisnis) saja begitu ,
aku nggak mbayangin kalau di kereta ekonomi.

umi rina said...

Gimana rasanya jadi pemerhati 1 gerbong, gerbong 5? Gimana kalo jadi pemerhati 1 kereta ato kereta-kereta lainnya ato bahkan seluruh kereta se Indonesia??? *capeeeekkkk dech....* :)

mommy adit said...

Mas Seno itu orang yg sangat peka saya kira, bisa mendengar dan mengamati beberapa objek sekaligus. Biasanya perempuan yang bisa begitu mas, mengingat perempuan sudah terbiasa dengan multitasking..

KABASARAN said...

ha-ha-ha ...segitu detailnya ..ngalir ...asyik ... pasti selama dalam perjalanan dikau tidak tidur-tidur .jangan-jangan ketakutan trus ngak mau tidur kalau-kalau tas si bapak hilang, yang jadi tersangka utamanya dikau.
he-he-he

KABASARAN said...

pantesan kemaren diundang berfantasi ria ..ditunggu-tunggu, disediain kopi, mau disambut pake tarian segala eh tau2 ngak dateng ..ternyata lagi jalan to.

KABASARAN said...

Baru ngeh setelah lihat judulnya ..hanya 32 menit saja to.

Cebong Ipiet said...

iku sothange sopo mas sing njepat kwkekwkekw...wedew wedew keren kali laporan perjalanan kau

Dhe said...

laporan perjalannya keren banget, ampe lengkap ama kaki dan jari jemari, istirahat di tempat ya ntu kaki^^

kwakakakak

Linda Belle said...

waks...mo ke bandung yak...jgn lupa berkunjung loh...
btw itu kaki sapa?kok aneh bentuknya...jempol smua hihihi...

priandhani said...

wuih, renyah banget nih!
gaya bahasanya itu loh, fitur banget...!

btw, ilustrasi di atas itu gambar kepala siapa? kok aneh bentuknya, ada jari-jarinya?

aprie said...

8 juta?
jadi ngiler.
hahahha...

sibaho said...

asli serasa naik kereta ekonomi/bisnis yang padat penumpang... di stasiun kebumen ketemu ratu tsunami gak kang ? :D

frozenmenye2 said...

kaki di atas, kepala di bawah

Kristina Dian Safitry said...

lagi kangen naik kereta api. udah 6 tahun diluar negeri,tiap hari naik mobil pribadi milik teman,hi..hi..

Elsa said...

wow, kaki yang indah....
hehehehehehehee....

anna fardiana said...

aku juga di kereta itu lho...

merhatiin ada cowok...lirak-lirik ke sana kemari...investigasi gitu kayaknya...semua orang diliatin satu-satu....

hehehe...
gak ding...bo'ong.... :p

david said...

Kaki sapa tw....sampai di perhatikan kayak itu...

Nyante Aza Lae said...

mas seno bohhhooong
buktinya di photo gerbongnya sepi-sepi aja,
malah bisa ngangkat kaki segala
*cabut ahh, daripada dilempar sendal...wkwkwkw

bunda said...

mas seno lagi ngoceh atau lagi bikin laporan pandangan mata yah..
kok gayanya nyantai, pake ngangkat kaki segala.

hehe..:P

ditunggu mas kunjungannya

ajeng said...

Weh, kalau itu tes untuk jadi reporter pasti lulus deh mas...

gdenarayana said...

kayanya bukan reporter aja, tapi udah merangkap pimred majalah wawawuwiwowa :D

haikzzz bener tuh, pemulung puntung rokoknya...hmmm...eke hanya ikut berpikir kembali neh sob.

J O N K said...

si mas seno bener2 jago dalam membuat sesuatu yang gak keren menjadi kerennnsss :D

munawar am said...

Kakinya seksi lochhhh...., hemmmm
Pasti sedang bermimpi indah tuh si empunya kaki.

Tips Kecantikan said...

lagi otw kamana....koq naek kreta ??

The Bitch said...

bdg-jkt kan deket. jumat malem nongkrong di BHI berani ndak?

boykesn said...

benar-benar perjalan yang hampir tidak terlalu lama jika bisa menikmati dan mengerti betapa dalam keretapun kita bisa mengamati dunia kecil dengan segala persoalannya.

d3ptzz said...

apa ini gan?hehe

Quinie said...

hm.. dari si empunya 8 juta itu, dikau minta dibeliin apah? xixixi

dwina said...

naik kereta api tuuut..tuuut..tuuuuuttt.. mo pergi ke mana mas. hebat ya pengalaman 32 menit dari 8 jam bisa jadi tulisan santai yang di kemas apik..

bagus pras said...

untungnya sampeyan bukan penjahat ya bro.., bisa hilang tuh duit 8 jete dan pemuda berparas ayu...

ha ha ha, kabuuuuuuuuuuuuur

ilham maulana said...

sangat menarik

rco said...

nyoba kasih judul lain, ya?
Manusia-manusia Aneh dalam gerbong.

mas icang said...

weleh.. jeli juga ya memperhatikan setiap gerik orang di satu moment.

menemukan cuilan-cuilan itu dan membentuknya dalam kalimat susah lho. dan anda bisa membingkainya dengan lugas. mangtab.....

saya coba ah suatu saat. sumber inspirasi nih. thanx

Bang Ir said...

ga salah orang dengan cerita laporan detailnya. ASik betah bacanya...:)

faizz said...

cekkk...cekkkkkkk...cekkkkk.cekkkk...cekkkkkk...
geleng-geleng, takjub, spechless!!!!!!!!!

kapan atuh blog gue di promosiin ke peng-komentar loe yang banyak ini?

Atca said...

Laporan yang mendetail...bagus banget mas jalan alur katanya...kapan2 ajarin yah heheheh

Itik Bali said...

Owh Panteus..mas Seno lama gak kliatan
lha wong dalam perjalanan naik kereta
itu foto, kok model kakinya aja sih yang kliatan??
pasti karena honornya belum dibayar penuh ya??
he..he

catatan kecil ifat said...

jalan2nya detail banget maz seno...tapi bner juga yang di katakan maz seno...

ifat said...

kalo semua orang punya sikap kyk maz seno...negara kita paling rame di kujungi wisatawan dech

The Bitch said...

woi! YM mu ga pernah aktif ya?

suryaden said...

kasihan para pemulung putung rokok, karena sekarang rokok udah filter semua...

byme said...

wah kalo disumatra riau
g ada kereta lupa jadi rasanya
byme

Senoaji said...

@erik113915:iyab bang, dari perspektif yg berbeda

@kawanlama95:xixixixix coba tebak sob?

@piyudh:waaa kedatangan suhu... muridmu telah belajar dari suhu tentang bagaimana menjepret gambar situasi, mohon petunjuk xixixiixixixi iyup!

@sang cerpenis bercerita:waaaa... bisa buanyaak pol itu mbak!

@aia:dua2nya neng... xixixixiixi

@haris:makasih mas xixixixi jadi isin aku

@lies:gpp lagi mbak...

@sang penyamun:ditunggu gebrakan pantun2nya kang

@diary pink:ku kira gay deh, xixiixixixi

@namaku wendy:wakakakakakakakakakakk lemapri mbak wen! wing! wing! wing!

@lyla:waaa terus gimana rasanya ngampet gitu mbak??? xixixixixixi

@zener_lie:naik bisnis, ekonomi penuh pol!

@brown sugar:mbak yumaima keren euy anekdotnya xixixixixiixi

@BIG SUGENG:asik pak ekonomi kalo niatnya belanja ide [sebuah kosakat yang ku dengar dari beberapa orang]

@umi rina:*PINGSAN!*

@mommy adit:weuweu masak sih mbak, merundukkan kepala ahhh isin aku

@KABASARAN:iya maafkan maafkan undangan untuk mendem fantasi gak bisa aku sambut dengan kemesraan berfantasi

@cebong ipiet: sing jelas dudu irung ku mbak! WADEIING!! xixixixixiix

@dhe:wakakakakakak iyak!

@linda belle:wakakakakakakak bukan mbak kakinya jidat semua wkwkwkwkw

@priandhani:wakakakakakakakak aja aja ada...

@aprie:sama ngiler pol

@sibaho:gak tuh bang baho. ratu tsunami xixixixixi

@frozenmenye2:hayahhh!

@kritina dian safitry:waaa... perlu dinostalgiakan tuh mbak, kereta stasiun selalu romantis apalagi kalo dibalut distasiun tugu xixixixiix

@elsa:yang jelas bukan bibir ku mbak xixixixiixixix

@anna fardiana:wooo mbak anna kii! xixixixi

@david:kagak tau tu kaki siapa... xixixixixi

@nyante aza lae:xixixixixi itu yang terjadi setelah 32 menit semuanya dah pada tidur lepas jogja

@bunda:lagi mandangi sama ngocehin laporan bunda wkwkwkwkwkwk

@ajeng:weks! pa iya mbak xixixixi

@gdenarayana:kakak pertama terimakasih telah sudi menginjakkan kaki di padepokanku yang kiyut total ini hayaahhh!!

yoa sob!

@JONK: ahhh elu Jonk lu juga yoa pol!

suwung said...

naik bisnis ya?
ketahuan dari tempat duduknya dan jendelanya

IjoPunkJutee said...

The Room hari ini emang lebih rame, banyak penghuninya. Komplit..!! lagi OPEN HOUSE ya mas.he...he...

BlaGaBloGer said...

wah,,,,,, gak pernah naik kereta api....
tp memperhatikan orang lain itu emang menyenangkan,,,
seringkali bisa melihat cerminan diri :)

harianku said...

ada seni nya tersendiri yah mas heheh.. :)

Farah no Kireii said...

xixixixi,,
jadi inget pengalaman pertama naek kreta bisnis
jakarta-jogja,sendirian pula,,mana bisa tidur,
hugh,,apalagi yg bs dkerjain slain merhatiin org,,:D
[coba aq jg bs merokok kyk mas seno n gak pduli 'apa kata dunia' kalo aq mrokok,,]
hihihihi :D

aRai said...

weleh um ... kaki um kok kecil gitu, apa gara² kamera jadi menciut ;))

ArdianZzZ said...

hmmm...

abang said...

Top posting ..!!!
Sebuah tuturan yang bagus sekali mas seno, ada pesan moral dan cerita ttg realitas sosial disana ...

*btw, untung kaki yang di pic itu gak cantengan yach ...

dede said...

hm, mantap kalo suka soal jalan2,.saya suka

ajeng sekar tanjung said...

hai mass..,
heu.. udah lama gak baca-baca blognya..
makin asik ajah tulisannya.

oiah.. kemarin bertanya kabarku?
aku baik. alhamdulillah..

ciwir said...

jaga emak baik2, bapak mau semedi benwit di gunung kelir...

hahahaha

IKHSAN said...

baru lagi nih

ikeys said...

mmh.. orang tua kadang enggak bisa ditebak. 8 juta cash? hahaha. untung aja ketemu orang baik disebelahnya :)

MATA HATI said...

jadi kangen fajar utama hehe..dulu temen baikku lho.. weleh kakinya mpe naik gt, pasti PW ya sob..

Yoes Menoez said...

Kebelet pipis kok malah ngerokok? Itu sih kebelet ngerokok...
Eh, tapi bagus lho tulisan begini bisa bikin kita tambah peka, dari pada tidur doang di perjalanan, itu judulnya numpang tidur, bayar lagi....

Enno said...

delapan juta? mau mau mau! hahaha

bagus lho idenya kalo dibuat cerpen... kenapa cuma segini doang sih?

dotcom said...

lha itu dari mana mau kemana?lha kok cuma kakinya ajah tho yg diliatin?

Ria said...

hehehehe...apa yg kamu lihat blom tentu seperti yg aku lihat...tp aku cuman melihat kaki :D

Post a Comment

Jan-jan e ngene lho..

KHILAF ITU INDAH

Jangan pernah takut untuk menulis. Jangan pernah merasa tidak bebas menulis. Jangan pernah merasa tulisanmu itu tidak lebih baik dari tulisan siapapun. Jangan pernah dipenjara oleh ketidakmampuan. Jangan pernah merasa tulisanmu tidak layak. Dan jangan pernah berhenti untuk menulis lebih baik menurut ukuranmu.

Apapun aksara dan kata yang kamu toreh. Kamu telah menulis kalimat indah dalam hidupmu. Kelak menjadi cerita, dongeng atau mitos tentang keberadaanmu, karena kamu menulis.

PREKMATANE!

Tentang

My photo
Aku adalah seekor manusia. Dan Selalu ada saat yang tepat untuk menjadi Raja di Kerajaan sendiri. Senoaji
There was an error in this gadget

Lagi Pipis

Lagi Pipis
ANTRI DONG!!